Selasa, 07 Juni 2016

Ketentuan Awal dan Peraturan Persentasi

KETENTUAN PEMBUATAN PROYEK
SCIENCE PROJECT SMA NEGERI 1 SINGARAJA TAHUN 2016

Ketentuan-ketentuan awal
1.      Siswa diwajibkan untuk membuat proyek sains
2.      Setiap kelas dibagi menjadi beberapa kelompok, untuk kelas X MIPA dan X IIS dibagi menjadi 3 kelompok, masing-masing terdiri atas kelompok Kimia, Fisika, dan Biologi. Dan untuk kelas X IBB dibagi menjadi satu kelompok.
3.      Kelompok terdiri dari 08-12 orang siswa atau sesuai yang dibagi oleh panitia
4.      Anggota masing-masing kelompok ditentukan oleh panitia (ketua kelompok ditentukan sesuai dengan kesepakatan kelompok)
5.      Untuk kelas X MIPA, IBB, dan IIS bisa mengambil topik proyek dari pelajaran IPA (Kimia, Fisika, dan Biologi)  dari kelas X, XI,dan XII.
6.      Bahan-bahan yang digunakan adalah bahan yang ramah lingkungan dan/atau  barang bekas tapi memiliki nilai tambah yang tinggi.
7.      Proyek dapat berupa penemuan baru dan/atau penerapan praktikum dari masing-masing bidang.
8.      Proyek dibuat selama liburan sekolah berlangsung.
9.      Ukuran proyek diusahakan tidak terlalu besar (tidak melebihi kapasitas 2 meja), minimalis, efisien, dan dibuat sekreatif mungkin namun tetap memiliki nilai guna dan manfaat yang tinggi.
10.  Masing-masing kelompok membuat maket yang menjelaskan tentang proyek yang dibuat. Maket terdiri atas nama kelompok, judul proyek, latar belakang, tujuan, langkah kerja, hasil, manfaat/kelebihan, serta gallery foto hasil proyek. Maket dibuat dengan menggunakan 80% Bahasa Indonesia dan 20% Bahasa Inggris dan dibuat sekreatif mungkin sesuai dengan kreasi kelompok masing-masing.
11.  Maket dan proyek akan dinilai dan dipamerkan di koridor lantai 2 gedung induk SMA Negeri 1 Singaraja. Masing-masing stand diwajibkan menyediakan 1 buah buku tamu untuk pengunjung.
12.  Penilaian akan dilakasanakan pada tanggal 13 Juli 2016 dan pameran proyek sains dilaksanakan pada tanggal 11-13 Juli 2016
13.  Penilaian akan dilakukan oleh 9 orang juri , yang secara bergilir akan menilai masing-masing kelompok dengan bobot penilaiannya adalah 80% kemudian ditambah dengan 20% dari jumlah pengunjung yang menyatakan puas pada kotak suara yang telah disediakan oleh panitia.
14.  Siswa diwajibkan membuat Jurnal Sains (Journal of Science Project) yang dikumpulkan kepada panitia pada tanggal 8 s/d 9 Juli 2016 (pk 08.00 – 11.00)
15.  Juara-juara akan diumumkan pada tanggal 18 Juli 2016 pada saat upacara bendera.  Khusus untuk juara 1, 2, dan 3 akan mendapatkan uang pembinaan.  
16.  Hasil proyek sains ini akan dibukukan dalam jurnal sains SMA Negeri 1 Singaraja tahun ajaran 2015/2016
17.  Hal-hal yang belum diatur dapat dibuat kemudian.

Ketentuan Penilaian
1.      Penilaian Dewan Juri (80%)
-          Ide, Kreativitas, dan Inovasi (1-35)
-          Penggunaan bahan yang digunakan (1-25)
-          Keindahan dan keunikan hasil proyek (1-10)
-          Daya tahan hasil proyek (1-5)
-          Ketepatan menjawab pertanyaan (1-25)
2.      Jumlah pengunjung (20%)
-          20% x jumlah pengunjung (berdasarkan data kepuasan pengunjung pada kotak suara yang telah disediakan oleh panitia)
PERATURAN PRESENTASI
   1.      Peserta Presentasi
a.      Peserta presentasi terdiri dari 3 orang perwakilan kelompok dan diatur sesuai dengan kebijakan kelompok.
b.      Peserta lainnya tidak diperkenankan untuk menggangu dan/atau berbuat curang terhadap peserta lainnya
c.      Peserta yang tidak ikut dalam presentasi tidak diperbolehkan ikut andil dalam memberikan jawaban dan/atau membantu perwakilan mereka pada saat penilaian (pada tanggal 13 Juli 2016).
d.      Peserta dan seluruh warga sekolah diperkenankan menyaksikan proyek sains tersebut setelah penilaian dilaksanakan. Pameran dibuka sampai tanggal 13 Juli 2016
e.      Seluruh peserta diharapkan menjaga keamanan ketertiban dan mematuhi tata tertib yang berlaku di sekolah.
    2.      Waktu Presentasi
a.      Waktu perwakilan kelompok untuk  presentasi adalah disesuaikan dengan dewan juri yang menilai proyek tersebut.
b.      Jumlah pertanyaan yang diberikan oleh dewan juri tidak dibatasi yang dilaksanakan secara langsung oleh dewan juri.
   3.      Ketentuan Tambahan
a.      Pelaksanaan penilaian oleh dewan juri dimulai pada pukul 08.00 WITA –selesai.
b.      Peserta presentasi dilarang meninggalkan tempat presentasi sebelum waktu presentasi berakhir, kecuali ada sesuatu dan lain hal dan wajib melapor kepada panitia.
c.      Hal-hal yang belum diatur akan dibuat kemudian.

Untuk Ketentuan Awal dan Peraturan Persentasi dapat di download pada link berikut
Download

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar diketik di sini yach...